Monday, March 31, 2008

Chaotic Serbia

Ulin 'n Wicak will get married, while Shani will get a pair of shoes, for free!

The question is...
Kok bisa? gimana critanya tuh?
Well, as their matchmaker, Shani berhak atas sepasang sepatu, sementara sebagai yang pihak yang dijodohkan, Wicak berkewajiban membayar sepatu pilihan Shani. Yup! Wicak gets Ulin, Shani gets the shoes, fair enough eh?

next question...
why shoes? knapa gak mobil ato rumah skalian? *matre mode On* hehe ;p
Gini critanya, sebelum jadi pihak yang dijodohkan, Wicak was a matchmaker too. Sebagai comblang, dia sukses menjodohkan temennya yang orang Indonesia dengan seorang temennya yang laen yang orang Macedonia (tau Macedonia, kan? salah satu dari 6 negara bekas Federasi Yugoslavia). Nah...menurut tradisi Macedonia, atas kesuksesannya dalam hal jodoh menjodohkan, seorang matchmaker berhak atas sepasang sepatu.
So..terjawab sudah knapa
Wicak owes shani a pair of shoes, kan?

Dan dari cerita sepasang sepatu perjodohan inilah, smua ke-chaos-an (or should I say kebodohan kolektif he he) tentang negara-negara Balkan berawal.

........

Friday Nite (Shani's farewell dinner at Parsley Jakal)
Guests invited: Saya, Ian, Ririen, Doni, Thomas, Dinar, Rama, Ella, Metri, Gaby, Angie, Dinda 'n partner, Wicak 'n Ulin

Obrolan mengalir wajar di meja makan panjang itu, sampai sebuah pertanyaan tentang kenapa Wicak harus ngasih Shani sepatu terlontar dari mulut Thomas.

Thomas : "Cak, kok yang lo beliin sepatu malah si Shani, yang mo lo nikahin kan Ulin?"
Shani : "Soalnya gw yang jodohin mreka"
Thomas : "Trus?"
Ian : "Soalnya dulu Wicak pernah jodohin temennya yang Macedonia dan tradisi Macedonia kalo lo berhasil nyomblangin orang, lo dapet sepatu, lo tau Macedonia kan? itu loh negara deket-deket Yugoslavia, Serbia dan teman-temannya itu"
Thomas : "Oh Serbia Montenegro?"
Semua : "Hwahahahah" (sambil menatap Thomas dengan tatapan ya ampun-bodoh loe-gak-ilang-ilang)
Thomas : "Loh, iya kan? Serbia Montenegro?"
Ian : "Serbia Herzegovina, Thom"
Shani : "Eh, Montenegro dimana sih?"
Saya : "Somewhere around Europe? deket-deket Bosnia kali? ato Amerika Latin, yah? (dengan nada suara yg 100% sangat tidak yakin ;p)
Shani : "Bukannya di Afrika, yah?"

...dan ke-chaos-an pun dimulai...dari ujung kiri sampai ujung kanan meja smua berusaha mengingat, mencari tau dimana sesungguhnya Montenegro berada diiringi suara piring, pisau, garpu, dan sendok yang berkelontangan...
Tiba-tiba....

Rama :"Ngomongin apaan sih?" *dubrak* (duuh..loading-nya lambat ni anak)
Dinar : " Itu looooh...ngomongin Serbia"
Rama : "Oooh...Serbia Montenegro?"
Semua : "Hwahahahhahaha" (dengan ekspresi sakit perut karena tertawa terlalu berlebihan)
Ian :"Yah, lo ama Thomas sama aja, Serbia Herzegovina kali, Ram"
Rama :"Oooh"

Malam itu smua sepakat bahwa Serbia adalah Serbia-Herzegovina, sementara Montenegro adalah sebuah negara yang entah berada di mana, could be somewhere around Europe, Amerika Latin, atau malah Afrika

Dan sodara-sodara...tanpa disadari kami telah melakukan sebuah kebodohan kolektif dengan meyakini bahwa Serbia adalah Serbia-Herzegovina, karena keesokan harinya si Shani buka wiki and it' was so crystal clear bahwa Serbia adalah SERBIA MONTENEGRO!!! hehehe *tersipu-sipu mode On*

Demi mengetahui hal ini, saya dan Shani gak bisa brenti ketawa sepanjang jalan ke Amplas dalam rangka hunting sepatu, sementara Thomas buru-buru sms Ian buat merayakan kebenaran status Serbia Montenegro-nya, dan Rama dengan ekspresi gemas menuntut rehabilitasi reputasi berkali-kali bilang "Tuh kan, gw bilang juga apa?, bener kan, serbia tuh serbia montenegro!"

Note:

Republik Makedonia atau FYROM (singkatan dari Former Yugoslav Republic of Macedonia) merupakan salah satu dari enam negara bekas Federasi Yugoslavia. Negara bagian lainnya yang telah memisahkan diri menyusul runtuhnya ideologi komunis ialah Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Slovenia, Serbia dan Montenegro. Serbia dan Montenegro eksis dari 2003 hingga 2006. Namun, oleh sebuah referendum yang dilaksanakan pada 21 Mei 2006, Montenegro mendeklarasikan kemerdekaannya pada 3 Juni 2006.

http://id.wikipedia.org/wiki/Macedonia
http://id.wikipedia.org/wiki/Montenegro














No comments: