Tuesday, March 18, 2008

HIB HOB van Jogja

HIB HOB
IWA K

Shaggy Dog

(Sebagaimana tertulis dengan spidol seadanya di sebuah papan putih di samping kiri gerbang masuk Jogja National Museum sebelum tempat parkir)

Heh? HIB HOB???? yeah, I know..I know, dahi anda pasti berkerut, saya juga kok, let me tell you the story.....
Saya, Thomas, Shani, sama Dinar jauh-jauh dateng ke Jogja National Museum (eks-ISI lama, deket SMA 1, deket Galleri Amri Yahya, tau kan?) dengan niat nonton Poetry Battle-nya Jogja Hip Hop Foundation, itu loh...musikalisasi puisi yang dari taun 2007 lalu jadi salah satu bagian perayaan PRiNTEMPS DES POETES atau dalam bahasa endonesanya Musim Semi Para Penyair (guys..gimana kalo kita bikin Musim Sunyi Para Penyiar? It's a one day of silence celebration gitu, sehari kita mogok berkata-kata biar dunia sunyi sepi tanpa kata, musik, dan suara ;p).

Secara ini gawenya Jogja Hip Hop Foundation, musiknya pasti HIP HOP lah ya?! pake P bukan pake B, kan? kecuali ada genre musik baru yang satu root sama rap n hip hop named HIB HOB? *dubrak!* he he he kalo Tupac dan Notorious B.I.G masih bernafas, bisa jadi mreka berdamai demi nyari tau siapa orang yang dengan lugunya menulis HIP HOP dengan huruf B. Tapi sudahlah, sebenernya mo itu di tulis hib hob ato hip hop toh ga bakal bikin dunia berhenti berputar, yang penting esensinya bukan kemasannya, ya toh? eiiits...sabar bro, malem itu saya terpaksa protes berat, karena dengan kemasan yang menurut saya half-done (kalo steak half-done sih enak) dalam pengertian kurang mateng, esensinya juga jadi blaur ga jelas.

Mari kita liat judul acaranya:
Poetry Battle Yang terbayang di benak saya, pastinya malem itu meriah dengan pembacaan puisi sejuta makna, either puisi yang di deklamasikan atau pun yang di musikalisasi a la hip hop. Dan harusnya ini jadi sebuah kolaborasi dahsyat, secara dua-duanya bermain di area kata-kata, sebuah lirik dalam musik hip hop ibaratnya nyawa, penting banget, kan? manusia tanpa nyawa berarti mati!, itu knapa lirik rap East Coast sama West Coast punya ciri khas-nya masing-masing. Demikian juga halnya dengan puisi, kata per kata saling sinergis membangun makna. Sayangnya, sound system malem itu busuk banget! nget! kebangetan lah pokoknya!, singkat kata singkat cerita (aku dan dia ga jatuh cinta hi hi ;p), rangkaian kata-kata pun menguap di udara kalah sama sound yang keluar dari turntable DJ Vanda 'n DJ Yudhis. Dan entah karena kurang persiapan atau gimana bridging antara hip-hop performance dan pembacaan puisinya terkesan asal-asal-an, plus attitude minus salah seorang performer yang mabok berat bawa-bawa vodka ke atas panggung (u think it was cool? yeah..let me tell you, you were a fool!, art+alcohol = sucks performance!!), mbok ya mabok di laen tempat aja. Saking be te nya, kita cabut setelah Ria Irawan perform, lagian Thomas ma Shani ada jadwal siaran. Sebelum Ria ada Happy Salma, Hanung Bramantyo, n Butet Kartaredjasa. Uhm..nice graffiti, by the way

Eniwe, keluar dari bahasan acara tadi, tanpa bermaksud mengingkari ikrar sumpah pemuda butir satu bahasa, mo curhat kalo saya rada ga selera denger lagu rap/hip-hop dengan lirik endonesa, rhyme-nya agak maksa, jadi gak catchy di telinga. Bukan brarti saya anti produk lokal, saya malah jatuh cinta sama Hip-hop van Jogja, rap/hip-hop dengan lirik berbahasa jawa, se-jawa-jawanya, eversince I heard G-Tribe skitar taun 98 awal-awal saya kuliah, track favorit saya adalah Jelangkung, Lek Lekan, Whay Chout Dab, dan Jaga Parkiran

ngalor ngidul ngulon ngétan
jogo parkir sekaténan
ora njuk énak-énakan
ojo nganti kecolongan

Jogo parkiran jogo sing tenanan
ojo ming golék bathi jalaran kahanan
jogo parkiran jogo sing tenanan
soyo akéh sing teko soyo ra aman
(Jaga Parkiran - G-TRIBE)






No comments: