Monday, August 18, 2008

MERTUA SAYANG MENANTU MALANG???

Back then, when I was still in high school, I had 10 close yet not so close friends (kalo kata Oprah, how close is too close? hehe). Dan setelah 10 tahun berlalu, we're still seeing each others. Some of them are married already, some of them became a mother, dan 3 sisanya masih belum jelas. Yang satu berkutat dengan kondisi keluarganya, yang satunya lagi in the middle of wedding planning, paling cepet katanya sih taun depan she's soon a bride-to-be, dan satunya lagi adalah SAYA...

Seharian kemarin saya jalan bareng si bride-to-be yang not so sure of becoming bride-to-be (halah!!, pusing kan?). Dari dulu memang cuma sama yang satu ini saya bisa terbuka soal perasaan saya yang paling dalem dan tentang keluarga saya, demikian juga sebaliknya. Mungkin karena background kita gak terlalu jauh berbeda di bandingkan dengan 9 teman lainnya. Kadang-kadang kami berdua suka berpikiran kalo hidup kami less lucky di banding yang laen :)
saya rasa she's the most tough of all, hidupnya paling keras tapi paling easy going dan gak pernah sekalipun saya mendengarnya tidak tertawa dan tersenyum, di banding dia, saya sih gak ada 1/2-nya dia deh, padahal saya tahu pasti, yang namanya nangis dan sakit adalah sahabat setianya dari jaman dia SMP sampai dia lulus SMA, so... I really am happy ketika saya lihat hidupnya sekarang getting better. Di antara masalah yang ada dalam hidupnya, ada satu yang sekarang paling menyita pikiran, SANG CALON MERTUA yang happens to be so not mertua idaman itu hehe..

Kalo ngebahas topik yang satu ini saya bukan expert-nya, secara saya gak punya mertua yah. Tapi kalo cuma skedar denger curhatan orang sih, saya jagonya hehe, saya pendengar yang baik kok ;). Siapa tau dari sekedar dengerin saya punya peluang buat buka klinik Mertua-Menantu, khusus untuk me-mediasi hubungan mertua dan menantu, untuk program awal cukup 2 kelas aja, kelas "How to cope with your mother-in-law" dan "How to deal with your daughter-in law". Ada yang mau join buka praktek?

Tapi kayaknya sih, ini sok taunya saya aja yah, yang namanya masalah mertua-menantu emang klasik sih, ya emang gitu itu (damn! 'ya emang gitu itu' I really hate this words, coba Dhis define dengan yang lo sebut dengan 'ya emang gitu itu'???). Yang justru rarely happens adalah hubungan mertua-menantu yang living in harmony, yang mungkin jadi impian hampir smua wanita di dunia. Walopun langka tapi ada. Saya pernah baca di majalah, majalah apa yah? (duuh maap saya lupa ;p), yang jelas saya baca waktu saya creambath di Lellidewi Jogja (mbak-mbak smuanya saya rindu pijatan kalian..ihiiiks..), ada sebuah artikel tentang Arzeti.

Yak..benar..Arzeti Bilbina, model kondang yang kalo muncul di infotainment bareng suaminya selalu menatap sang suami dengan tatapan 'Babe, I love you, you're the love of my life'-nya itu dan balas di pandang suaminya dengan tatapan 'I'm the luckiest man living on earth, never let you go honey'-nya itu hehe. Sepertinya Arzeti sama skali gak ngalamin masalah klasik mertua-menantu seperti yang di alami teman-teman saya. Di artikel itu saya baca walopun udah bangun rumah sendiri, dia memilih untuk tinggal sama mertuanya aja, karena sang mertua sangat sayang padanya.

Mau bukti seberapa di sayang Arzeti sama mertuanya? baiklah saya ceritain yah. Di artikel itu tertulis bahwa sewaktu Arzeti hamil, mertuanya menyulap kebun mawar kesayangan menjadi kebun katuk, supaya Arzeti bisa memproduksi ASI yang berlimpah untuk cucunya. Oh ya, satu lagi, sang mertua ternyata adalah kolektor berlian. Dan setiap beli berlian, sang mertua selalu beli 2 buah, satu untuk menjadi koleksi pribadinya, sementara satunya lagi dihadiahkan kepada Arzeti, sang mantu kesayangan! (hohoho mau dong mertua kayak gitu, ayok mari beramai-ramai sukseskan Program Kloning Mertua Idaman hehe ;p).

Beruntung banget yah jadi Arzeti, sayangnya gak smua wanita seberuntung Arzeti, temannya teman saya malah akhirnya memilih batal punya mertua menjelang hari pernikahan, masalahnya KELIHATANNYA sepele, dia pengen pake kebaya pernikahan warna broken white, sementara sang calon mertua pengennya temannya teman saya itu pake kebaya pernikahan warna Ivory (kuning gading) *dubrakkkkk*, astaga, broken white sama kuning gading agak-agak beda tipis bukan???. Kabarnya sekarang temannya teman saya itu memilih single saja dan mendedikasikan cintanya pada pertanian organik

Sayangnya lagi saya juga bukan Arzeti, dan demikian pula dengan teman-teman saya. Inilah curhatan mereka ketika kita ngumpul rame-rame beberapa minggu yang lewat.

CURHATER 1: "Gw bukannya gak pengen tinggal bareng ibu mertua gw, tapi kan gw juga punya rencana-rencana sendiri, Dhis. Rencana buat gw, laki gw dan anak kita, di awal-awal nikah gw masih oke aja tinggal bareng, tapi sekarang gw ngrasa udah waktunya gw ma laki gw punya rumah sendiri, tapi mertua gw ga kasih ijin, kalopun pisah rumah harus sebelahan"

CURHATER 2: "Ya gw sih ga ada masalah ama ibu mertua gw, secara gak tinggal bareng dan jarang ketemu juga, ya baik sih, tapi juga ga jalan bareng kayak misalnya belanja bareng, ke salon bareng, ya gak sampe gitu, intinya sih gw hormat aja ama beliau"

CURHATER 3: "Gimana yah, laki gw nyuruh gw nganggep mertua gw kayak orang tua gw sendiri, tapi gw ga bisa tuh, gimanapun juga mereka ya mertua bukan bokap nyokap gw, padahal gw mantu kesayangan loh, paling kalo ketemuan gw cuma basa basi bentar, say hi, nanya kabar, 'gimana pak, bu, sehat?' abis itu gw tinggal pergi dah ke kamar hehe"

CURHATER 4: " Gitu yah rasanya punya mertua, gw juga lagi bete nih, calon mertua gw kayaknya juga ga welcome gitu, masa waktu gw ke rumahnya ujug-ujug dia bilang 'Iya tuh, dulu Vian punya cewek pinter masak tapi akhirnya putus juga' maksudnyaaaaa?? apa coba maksudnya, Dhis? gak ada basa-basi nanya gw kerja di mana dan pertanyaan STD perkenalan kayak biasanya, trus gw ditinggal pergi nonton tv..."

ALL CURHATERS: "Hehe mungkin cowok lo udah keseringan ngenalin cewek sebagai calon mantu, tapi gak ada yang jadi juga, makanya nyokapnya bete dan nganggep lo ga penting, dia mungkin mikirnya paling juga ama yang ini gak serius, gak jadi lagi"

SAYA: "Ya mungkin itu warning secara halus tapi menusuk hehe, kalimat laennya adalah sama yang perempuan banget dan jago masak aja anaknya putus juga, apalagi sama lo yang serampangan dan cuma jago ngomong doang, lewat kali hehehe ;p"

ALL CURHATERS: "Kalo lo gimana, Dhis? calon mertua lo orangnya gimana?

SAYA: "Heh?? Uhmm..udangnya enak yah by the way, ada yang mau nambah gak?"


No comments: