Thursday, February 7, 2008

Lagi Jenuh..Jenuh Lagi..(Is it a pattern..?)


...Saya sedang berfikir applying pekerjaan yang tidak mengharuskan saya duduk manis bertemankan komputer dari jam 9 pagi - 5 sore. Memang sih...blum pernah ngrasain that kinda job, tapi... ngebayanginnya aja bisa bikin saya merasa mulai gila..apalagi kalo sampe ngejalaninnya (he..he untuk yang satu ini saya sepertinya terlalu judgemental..toh banyak yang punya gawe model begini n they survive..). Sebenernya ini cuma masalah pilihan...saya akui...saya mulai bosan dengan pekerjaan saya yang sesungguhnya menyenangkan ini...ironis ya..? pekerjaan menyenangkan koq berasa membosankan...

Hmm...mungkin ada yang salah...cara berfikir saya kali yang mulai ga beres?...
baiklah..mari..mari di cari saja di bagian mana salahnya...


..Saya yakin sekali bahwa pekerjaan seorang radio dj adalah one of to-die-for job, apalagi buat mereka yang masih abg. Keyakinan saya bukan keyakinan buta tentunya. Salah satu bukti nyata adalah pelatihan "How to be a radio dj" yang selalu laris manis dan peminatnya mostly adalah abg yang masi SMA...yang kuliahan juga banyak sih..
Hal laen yang mendukung pernyataan saya di atas adalah...banyak banget sms ke cell-phone saya dari orang yang saya ga kenal sebelumnya, sebagian meng-klaim dirinya sebagai fans saya (haiiiyah...maap ga bermaksud narsis..emang begitulah adanya ;p..) dan dengan entengnya meminta saya untuk memberikan tips 'gimana supaya bisa keterima jadi penyiar di sebuah radio' (nah..loh..), makin lama makin berat..ada juga yang minta di ajarin jadi penyiar YANG BAIK!!! (wadoooh..ampuun dj...he.he BAIK itu kata sifat ato kata kerja sih?).

...saya pun jadi bertanya-tanya apa sih yang bikin mreka dying banget pengen jadi penyiar? daaaan...sebagian besar jawabannya adalah:

"kan asyik, mbak, bisa ketemu sama artis.."
hhh..blum tau dia...ada band yang lagu-nya di banned sama temen saya sesama penyiar gara-gara kelakuan mreka yang 'tai' banget pas di interview, ...well adikku sayang, ga smua artis meriah dan ramah..kadang ada yang bikin muntah-muntah ;p

"pasti fun banget, mbak..bisa muter lagu yang kita suka"
duuuh...kemungkinan yang sangat mungkin ni anak ga tau kalo di radio itu ada playlist yang wajib kita puter, ga bisa muter lagu se-enak jidat sndiri..yah...walo kadang suka saya langgar..ehm..rules are made for breaking bukan? ;p,...blum lagi harus berhadapan dengan selera music director yang ga matching ma selera pribadi..bisa-bisa hasrat muter lagu yang kita suka hanya tinggal hasrat semata, karena sang MD tak kunjung jua memasukkan tu lagu ke bank lagu di kompi siaran...atau...terpaksa muter lagu request yang sesungguhnya ga pengen kita puter..tentu saja atas nama kepuasan pendengar..seperti saya yang skali-kalinya muter lagu Tulus punya Radja karena uda di request berkali-kali tapi ga pernah saya puter (tega ya saya...)

"seru, mbak..bisa ngomongin apa aja"
sounds that easy he? not really...loh, adikku tercinta...naif skali adikku ini...
saya masih inget wejangan trainer saya dulu.."kalo kamu ga tau mo ngomong apa, ato kamu ga yakin sama apa yang kamu omongin, jangan pernah skali-kali kamu open mic!!!" final..titik..period!!! (eh..titik ma period sama aja yah?). Belum lagi hal-hal laen yang sifatnya personal yang bikin kita mendadak kehilangan kemampuan mengolah kata-kata dan akhirnya bikin mood ngoceh kita lenyap di telan bumi, such as..lagi broken-heart, di kasih hadiah nilai D sama dosen, brantem sama partner siaran tandem..etc..etc deh...apa iya masi smangat mbahas ini ituh?..

"Bisa punya banyak fans..trus keliatannya keren, mbak..ngomong depan mic pake headphone, muter lagu, baca request.."
Ya..ya...emang iya sih..saat siaran saya merasa I'm the centre of the universe, bertemankan perangkat siar yang hi-tech dan sophisticated itu..berasa penting he..he. Apalagi kalo ada yang dateng dan ngeliatin saya siaran..wuaaah makin bergaya saya, makin smanget siarannya he..he. Tapi kalo di pikir bahwa si penyiar ini cuma tinggal muter lagu doang dan ngoceh-ngoceh sesuka hati, jelaslah tidak benar adanya. Ada banyak hal yang harus di kerjain, dalam satu waktu dan yakinlah kalo kita belum terbiasa membagi konsentrasi, maka smuanya bisa bubaaaaarrrr....
adikku sayaaaang...selain muter lagu, kita juga harus puter iklan tepat pada waktu yang sudah di jadwalkan di log book siaran, baca ad-lips, puter jingle, kadang di tengah-tengah siaran di sela live report yang ada bumper in and out-nya sebelum report di mulai, ada backsound khusus-nya juga, ada kode-kode sendiri untuk smua item yang harus di puter, dan kalo kita lagi ga konsen, smuanya bisa kebalik-balik, bumper out kita puter di awal, bumper in kita puter blakangan (nah..loh), lebih parah lagi...judul report-nya adalah Ponds tapi bumper yang kita puter adalah bumper quiz KFC (sepertinya saya pernah melakukan kebodohan jenis ini..he..he), nah...itu dia kita masi punya quiz yang tingkat kesulitannya beragam dari yang cetek sampe yang hi-tech..eh yang rumit ding..
blum lagi kalo ada interview mendadak..kadang ada bahannya aja kita stress duluan apalagi ga ada bahannya, panik toh?..(saya? ga tuh..he..he mungkin karena saya sangat menikmati meng-interview orang ;p ..)

..halah!!...jadi panjang banget mbahasnya inih...(itulah knapa saya lebih milih bicara saja ketimbang nulis..huff..)
okay...baiklah...terlepas dari sekian banyak small stuffs yang saya tulis di atas, saya harus mengakui bahwa pekerjaan saya sangat menyenangkan..bisa kenal banyak orang dari berbagai kalangan..bisa blajar terutama learning by doing, how to interact and communicate with others from different backgrounds and ages..., jadi tau banyak hal bahkan tanpa harus susah-susah googling, selalu aja ada hal baru dari berbagai bidang yang saya tau lewat hasil ngobrol atau interview dengan mreka yang bersinggungan dengan media radio di mana saya bekerja...
...it's even like travelling without moving...

...Trus knapa saya mulai bosan?...blum kejawab nih..
5 taun di Geronimo..akhirnya saya merasakan kebosanan itu dan memutuskan pindah ke Female..
hampir genap 1 taun di Female..dan saya mulai merasakan kebosanan level akut...ke mana saya harus pindah kali ini? ...saya pun belum menemukan jawabannya...
yang saya tau hanyalah..saya mendambakan pekerjaan yang:

...ga mengharuskan saya duduk manis bertemankan komputer dari jam 9 pagi - 5 sore.
...ga harus berseragam.
...ga harus melakukan hal yang monoton tiap harinya
...bikin saya hepi karena bisa berguna buat diri saya sendiri dan banyak orang
...bikin kenal banyak orang
...paid well...ato earn a lot, either way lah (he..he)

3 comments:

Anonymous said...

nah looo... pekerjaan yang membuatmu mati gaya dan bosan adalah hal yang sedang matimatian aku rindukan... hahhahaaa...

Adhie Yusnadi said...

Wah, gak nyangka banget seorang adhis yang keliatan banget smart-nya pas lagi siaran dengan segala info2nya yang menarik sekarang ngerasain JENUH? Tapi iya juga sih, kalo kita ngelakuin hal yang sama tiap harinya pasti akhirnya akan merasa jenuh...

Ngomongin radio, digero sekarang ada lho penyiar yang tipenya mirip banget mbak adhis... Bener2 mirip menurutku. Koq bisa ya?

Dan masih tentang radio, resolusiku tahun ini pengen kerja di radio lho mbak,hehe... Dan suatu saat nanti pengen punya radio station sendiri(^_^)

Gimana kalo kita barengan bikin radio station aja mbak... Semacam proyek idealis, segala2nya sesuai keinginan kita... Pasti gak bakal jenuh deh kalo gitu,hehehe

Anonymous said...

gimana dengan kerja di LSM, bagian lapangan.

btw, halo is :)