Thursday, February 28, 2008

SOTO KEPARAT



Buat saya, makanan adalah surga dunia
Yang namanya surga ga ada yang ga enak (padahal blum pernah juga tinggal di surga he he, tapi begitulah yang sering di bilang sama Ustadz Wijayanto, halo mas..kapan siaran tv lagi ;p)
So, buat saya cuma ada 2 jenis makanan, ENAK dan ENAK BANGET (halal ga halal itu beda soal yah he he, tapi sampe detik ini blum pernah nyoba yg ga halal tuh)

Jadi ga usah heran kalo untuk urusan makan, saya yang tinggal di Jogja Utara bisa niat jauh-jauh jalan ke 3 penjuru mata angin lainnya, cuma buat nyari sepiring makanan. Sungguh perjuangan yang tak mudah buat seseorang yang cacat arah seperti saya. Bisa di pastikan kalo tempat yang saya tuju bukan termasuk daerah kekuasaan saya, maka nyasarlah saya in the middle of no where. Parahnya walopun udah berkali-kali ke tempat yg di maksud, saya masih aja sering sesat. Apalagi kalo tempatnya blusukan lewat gang sempit, pake belok sana sini berkali-kali, wuiih..bisa mati sesat kelaperan saya. Makanya saya suka takjub bin heran kalo ada temen ngajakin makan di tempat yang buat saya antah brantah banget, koq ya bisa-bisanya dia nemu tu tempat? pasti nyarinya pake usaha, kan? kecuali dia punya 'pintu kemana saja'-nya Doraemon atau dia one of the Jumpers kayak Hayden Christensen *ngayal mode on*

Dan inilah salah satu hasil petualangan kuliner kami..
sebuah warung soto Jawa Timuran di tepi rawa Sonopakis (itungannya masi patangpuluhan ga yah?). Katanya sih, dia udah sering lewat tu warung, tapi blum pernah mampir, dan di suatu siang dia ngajakin saya jadi lunch partner-nya. Warungnya sederhana, sesuai dengan alamatnya (tepi rawa Sonopakis), ni warung emang di bangun di tepi rawa, bangunannya tergolong eco-friendly, dari bata merah beratap kayu dan daun rumbia dengan pintu masuk agak mirip iglo. Di samping terparkir mercy tua (modelnya yg biasa di pake RI 1 taun 45-an), sementara di sebrang jalan teronggok VW Beetle item kalah perang (cuma rangkanya aja). Uhmm..pemandangan yg menarik

Begitu masuk lalu duduk, saya pun mulai clingak-clinguk, nyari cecunguk? hehe, nggak lah, saya nyari nama sotonya, biasanya kalo yg punya sadar branding , mreka pasti nulis merk dagangnya se-gede-gede apaan tau deh (gaban ama bagong aja kalah gede ;p). Misalnya: soto dan sate kaki lima di depan gedung Wanitatama yang entah kongsian atau malah suami istri, dengan kesadaran branding yang cukup memadai memakai nama SOTO SAPI BAKAR Hj.HABIBAH & SATE CAK H.KOWI plus foto mreka berdua yang bersanding mesra sambil tertawa ceria dalam ukuran medium, full color !!!

Cukup lama clingukan tanpa hasil, kami pun mulai menebak-nebak (ga pake buah manggis)
Jhe: "ni soto beneran ga punya nama, yah?
Saya: "soto sonopakis kali?"
Jhe: "Eh..eh kayaknya soto Peterpan, deh"
Saya: "Heh?"
Jhe pun menunjuk spanduk yang menempel di dinding depan, bertuliskan:

SOTO JAWA TIMUR "ADA APA DENGANMU"


Saya: "Hihihi, knapa ga skalian soto BOOMERANG aja?, biar lebih brasa Jawa Timur-nya, PETERPAN mah sunda ajah"

Sambil ngobrol, kami pun melayangkan pandangan ke berbagai arah, sampai akhirnya mentok ke dinding sebrang warung, yang ternyata juga di tempelin spanduk, tulisannya:

CERDAS ITU SOTO JAWA TIMUR

Kekekeke...smakin ga jelas ni soto...maksudnya apaan coba? soto jawa timur bikin cerdas? orang cerdas makannya soto jawa timur? *wdezigh!!!*
Wahai sodara-sodara setelah kami amati benar, masi ada satu spanduk di dinding samping luar tempat parkir, tulisannya:

DJIANCUK!, SOTO JAWA TIMUR UENAK TENAN!!!

*dubrak!@#$* hwahaha spekta banget ni soto, ga punya nama tapi spanduknya cukup nendang!, nonjok! I mean, baru kali ini saya nemu kata-kata makian dipake bwat sarana promosi, djiancuk...djiancuk... hehe

Well guys, gara-gara spanduk djiancuk itu, kami pun sepakat (just between two of us) menamakannya SOTO KEPARAT! (hasil translasi bebas kami atas kata djiancuk ;p)


...sayang..terakhir kali kami makan di sana, kami tak lagi melihat VW Beetle item dan mercy tua nya, smua spanduk juga udah turun tahta, namun kini di kaca warung yang tidak seberapa besar yg warnanya nyaris buram itu, tertempel poster seukuran buku gambar A4 bergambar semangkuk soto dan tulisan SOTO DJIANCUK - JAWA TIMUR serta tak lupa alamat lengkap, tepi rawa sonopakis....












No comments: