Tuesday, February 5, 2008

Tea Addict

...Saya adalah seorang tea addict...
dari bangun pagi sampe tidur lagi, in any kind of weather, saya selalu berteman secangkir teh panas!!!.

Did I just tell you, a cup of hot tea in any kind of weather?...well agak aneh ya? tapi emang faktanya ya begitu itu, mo panas..mo ujan..saya kekeuh order teh panas. Untunglah teh bukan minuman langka yang susah di cari (ya..secara Indonesia adalah penghasil teh ke-5 terbesar setelah India, Cina, Sri Lanka, dan Kenya - Sinar Harapan -), mulai dari angkringan sampe hotel bintang lima pasti menyertakan teh dalam menu minumannya, eiiits...masa iya? ntar dulu...saya pernah sih nemu ada coffeeshop yang entah lupa ato emang berprinsip coffee only, tu tempat sama skali ga nyediain teh, dan saya pun pasrah tanpa gairah memesan coklat panas saja...(lah kalo emang coffee only koq ya ada coklat hayoooo? what's wrong with tea then??..protes dong saya...hiiiiih..).

...Sambil bikin posting inipun saya bertemankan secangkir teh panas, dan minuman ini membantu saya melacak jejak sejarah kenapa saya sangat menyukainya (walopun saya pernah baca...uhm dimana yah? bahwa untuk menyukai sesuatu..seseorang..ato apapun itu, kita ga butuh alasan, cukup memutuskan untuk menyukainya saja..dan alasan bisa menyusul belakangan..hi..hi mulai ngawur niy..hasrat curhat). Hayooo....sebelum saya mulai ngawur lagi..mari kita kembali ke point melacak jejak sejarah mengapa saya addict sama teh.

..Begini ya teman.., back then..di sebuah desa di Sumedang dimana kakek dan nenek saya tinggal, minum teh adalah sebuah kebutuhan yang tidak tergantikan baik oleh secangkir kopi maupun segelas air putih, kemanapun kita singgah pasti di suguhi teh, sampai-sampai ada joke jayus kalo tuan rumah cuma nyuguhin air putih itu artinya mreka lagi miskin, saking miskinnya sampe ga mampu buat beli teh!..nah kalo udah gini kejadiannya, sang tamu pun ga segan-segan untuk menyumbangkan rupiahnya demi mendapatkan secangkir teh, dengan cara yang tidak membuat tuan rumah tersinggung tentu saja, misalnya: kalo tamunya laki, tu tamu bakal pamit ke warung bentar beli rokok dan balik lagi dengan bonus sebungkus teh seduh, dan meminta tuan rumah menyeduhkannya. Kalo tamunya cewek? alesannya bisa lebih variatif, mulai dari beli kue, indomie, garam dapur, sampe pembalut (beneran loh ini...).

...Daaaan..kebiasaan kakek-nenek saya itupun menular tanpa saya sadari...
tiap berlebaran ke sana saya ga pernah nglewatin moment 'bangun pagi dingin-dingin sambil nge-teh depan perapian' (perapian a.k.a tungku berkayu bakar buat masak). Uhmm..uda lama juga ga ke sumedang, lebaran kmaren cuma balik ke bogor. Hadoooh...bakal panjang tak berujung ni kalo saya terusin critanya. Jadiiii...mari kita beralih saja ke topik teh apa yang bikin saya addict? apakah smua jenis teh?

..Tentu saja tidak...
saya suka teh tubruk..nasgitel, teh mlati juga boleh...black tea? ga nolak..
how about green tea?..nah ini dia sodara-sodara..walo saya tau khasiat ini teh luar biasa dahsyatnyah..saya ga bakal minum lagi...knapa? nothing personal..it's all about taste..just hate it...he..he sumpaaaah..ga da enak-enaknya, kayak minum ramuan jamu rebus (masi karuan rasa jamu kali..)

trus kalo soal merk.., saya ga minded dengan merk tertentu..walo memang sangat jelas rasanya beda..saya sampai hafal kalo ada beberapa warung yang pake teh seduh merk Bendera (he..he dulu saya pikir cuma susu aja yg punya merk Bendera). Well..selaen merk yang sangat Indonesia, main-main ke coffeeshop ato nginep di hotel membawa saya berkenalan dengan merk DILMAH The Single Origin Tea, 100% Pure Ceylon (now called Sri Lanka).

..later..I found out kalo..

Dilmah is a family tea company, founded by Merrill J.Fernando
a man who devoted his life to tea and spent over half a century mastering the art of teamaking
(www.dilmahtea.com)

yang bikin saya penasaran dengan teh ini adalah rasanya yang variatif, ada yang judulnya English Breakfast Tea, Earl Grey Tea, Chamomile Tea, etc..etc..lah...
walopun pnasaran...sebenarnya saya adalah seorang safe player..jadi demi amannya saya memilih yang judulnya sounds like just an ordinary tea, yaitu English Breakfast Tea, dan ternyata memang rasanya sangat bersahabat dengan lidah saya. Satu waktu pas nginep di Hyatt...sayapun berhasrat minum teh sambil duduk dekat jendela berpemandangan kolam renang itu...lalu saya tengok box teh di atas meja..hmm..hanya ada 2 jenis teh Dilmah yang adalah Earl Grey Tea dan Chamomile Tea, selebihnya hanya Nescafe dan creamer-nya. Baiklah..saya pikir memang it's about time untuk mencoba teh Dilmah yang lain..jadi saya celup lah si Earl Grey Tea..dan...
aaarrrrrgggh...yaiiiks...berasa jamu basi!!!, nasib teh mahal itupun berakhir di toilet. Tapi saya belum menyerah..mungkin yang rasa Chamomile jauh lebih mendingan..saya seduh, saya cicip dan saya pusiiing....saya ga bisa mendefinisikan rasanya..sungguh mengawang-awang..akhirnya sayapun minum nescafe lengkap dengan creamer-nya...aah...rasa kopi finally...bahagia rasanya bisa mengenali dengan baik rasa sebuah minuman he..he..

...satu lagi pengalaman minum teh..
waktu Marzello yang sebelahan ma kantor saya masih berjaya..
saya janjian ngopi sore-sore (versi dia), janjian nge-teh sore-sore (versi saya tentunya..)
sang waitress sudah cukup hafal kalo saya selalu pesan teh, sayangnya waktu itu stock English Breakfast Tea-nya kosong, jadilah saya order flavor tea, yang rasa vanilla, berdasarkan asumsi bahwa es krim vanilla rasanya enak-enak aja tuh, mungkin teh juga begitu..(sambil komat-kamit semoga kali ini asumsi saya ga meleset)
dan...jeng..jeng...datanglah teh vanilla flavor tadi...saya hirup aromanya...hmmm..koq pusiing ya..srasa aga melayang gitu..(ini vanilla apa opium sih? he..he)..whattaheck...akhirnya saya minum juga...
..damn!!! !@%$@%&# ada yang tau bumbu masak vanilli (bentuknya kayak vetsin) dikemas botolan cap kupu-kupu yang biasa di pake nyokap masak kue???? nah..kayak gitu rasanya...sumpah NGGAK BANGET!!!

...maka..
mulai saat itu saya berjanji tidak akan tergoda untuk mencoba teh aneka rasa, karena embel-embel aneka rasa tadi justru membunuh rasa asli teh itu sendiri...lagian kalo emang cuman pengen ngrasain minum strawberry, ngapain repot-repot pesen strawberry tea? pesen aja strawberry juice...jelas rasanya...ga perlu pusing mikirin mana rasa tehnya mana rasa strawberrynya..

what? nyobain Green Tea Frappuccino? Starbucks punya ya?
Hhhh..can I have 'just tea'', please...?
(teh poci dan versi angkringan is my favorite..murah..meriah..ga pake muntah-muntah he.he)

No comments: