Monday, February 25, 2008

The Trouble With Name is ......

Saya baru aja balik dari Galeria, u know what?, ternyata udah lama juga saya ga beredar di sana, it's been a month. Gimana yah, saya paling males maen-maen ke mall, apalagi kalo ga ada tujuan yang super jelas, kayak misalnya makan, nonton, atau shopping, kadang ngemsi juga. Perkara nanti sampe di sana ga jadi makan, nonton, atau shopping, itu laen soal. Tapi khusus hari ini, saya pergi ke Gale sebagai warga negara yang taat menunaikan kewajiban membayar listrik.

Duuh, saya harus mengucapkan terima kasih yang amat sangat pada siapapun yang punya ide untuk bikin counter pembayaran listrik di mall, c'est genial !!!. Sungguh sangat membantu orang-orang seperti saya yang ga bisa duduk manis nunggu antrean. Lagian kalopun harus ngantre, disana saya masi sempet menghibur diri dengan meng-order juice buah di foodcourt atau liat-liat baju di lantai atas. Sssst..yang ini rahasia yah, alasan laen yg bikin saya hobi bayar listrik di Gale adalah tagihannya yang cuma berjumlah 30 ribu rupiah, padahal kmaren-kmaren pas bayar di tempat laen, bisa nyampe 130 rebu plus bonus ngantre ampe gerah..hihihi..(still wondering why? aneh tapi nyata, meterannya rusak kali yah?)

So, there I went...
membulatkan tekad ga pake mampir ke atm mandiri, soalnya tiap kali lewat tu atm, saya seolah-olah melihat tulisan segede gambreng yang berbunyi: Hi hello, u still have plenty in your account, go ahead cash it right here! (fiuh..bisa defisit saya). Jadilah demi menghindari atm itu, saya memilih parkir di basement. Nyampe di counter listrik ga pake ba bi bu langsung bayar trus ngacir (niatnya sih, kenyataannya? berbuntut panjang sodara-sodara). Gimana ga panjang, kalo akhirnya saya jadi punya bahan buat postingan? ;p

Jadi begini ya, begitu saya niat mo buru-buru ngacir ke kantor, tiba-tiba sudut mata saya menangkap sesosok pria yang sepertinya melambaikan saputangan babuncu ampat, sabuncu-nya di makan api *halah!!* oke..oke..seriously, I saw a man waved at me, dan tiba-tiba aja dia dan temannya udah di depan mata lalu menyapa (menyapa saya tentunya, anda pikir siapa? menyapa hantu?).

Si pria: "Hai Dhis, pa kabar? masih di jogja toh?" (dengan logat jawa yg sangat kental setara kopi tubruk)
Saya: "Eh halo, baek baek, masi lah masi betah" (hey hey syapa dia? bolehkah aku melihat sari wajahnya, hey hey syapa dia? SI-A-PA Diaaaaaaaaa?, sebait lirik lagu theme song kuis jadulnya Kang Aom Kusman spontan mengalun merdu dikepala saya)
Si pria: "Eh iya, knalin ini Ria"
Si wanita: "Ria"
Saya: "Adhis" (sambil ngebatin, damn! gw ga butuh nama lo, gw butuh nama laki lo, siapa sih?)
Si wanita: "Do, gw ke sana bentar yah" (sambil nunjuk counter es teler 77)
Saya: (dalam hati bersorak, yes! DO! si cewek manggil dia dengan sebutan DO, bisa Doni, Dodo, Dido, Rado, haiyah!!! probabilitasnya banyak banget sih, uuugh :| *mulai frustasi* )
Si pria: "Eh masih suka ktemu anak-anak ga?"
Saya: "Hmm, udah jarang maen sih, sok sibuk siaran he he" (jawaban cari aman yg sedikit ngasal, hadooh anak-anak yg mana nih? udah mule garuk-garuk kepala padahal ga gatel, gatel tau namanya sih iya, situ siapa sih? name please!)

Sebelum dia tau kalo saya sama skali ga inget namanya, saya pun nyari alesan buat segera cabut

Saya: "Eh, Do gw janjian ma orang nih, cabut duluan yah"
Si pria: "Oh, okay, kalo ktemu anak-anak, salamin yah, buat Jhe juga"
Saya: "Jhe? Syiiep"

Dan usaha saya untuk tau namanya pun gagal total, can't hardly remember, tapi kayaknya sih temennya Jhe, secara dia bilang salam buat Jhe. Hmm...jadi ngingetin saya sama kejadian minggu lalu pas ngemsi di centro. Saya di sapa seorang mbak berjilbab coklat

mbaknya: "Hay Is, pa kabar, udah lama ga ktemu yah?"
Saya: "Hi (cipika cipiki, *memorize mode on*, yak sepertinya dia temen satu fakultas, dugaan ini smakin diperkuat oleh caranya menyapa saya dengan sebutan "Is", cuma temen-temen bogor n jaman kuliah UGM yang manggil saya "Is")
mbaknya: "ngemsi, Is?"
saya: "iya, kamu?"
mbaknya: "ngliput" (dia ngliput acara launching wedges di mana saya ngemsi)
saya: "emang dirimu gawe dimana?"
mbaknya: "koran SINDO, Seputar Indonesia"

and the conversation goes on and on and on...
wis, pokoknya seru lah walopun sampe ending saya belum tau namanya (saya bilang blum karena masi ngarep dia ngasi kartu nama, berguna banget tuh bwat tau siapa namanya)
blum sempet dia ngasi name card, saya udah harus naek panggung (halah! brasa show girl hehe)

Duuuh...selagi ngemsi pun saya masih pnasaran siapa namanya, soalnya tadi pas ngobrol nyambung banget, palagi pas ngobrolin jaman kuliahan dulu..but then, out of no where, I came up with a brilliant idea (dubrak! ;p). Saya ajakin dia nge-games jadi cinderella dadakan. Secara itu launching sepatu wedges, ada beberapa pasang sepatu yg di pajang di panggung, nah tu sepatu boleh di cobain, kalo pas sama kaki situ, silaken di bawa pulang, for free pastinya, cihuiiy toh? ;)

So.., on a mission nyari tau nama mbaknya, saya secara paksa nyomot 2 orang wanita ke atas panggung. Lalu saya pun mulai beraksi, begini caranya...

Saya: "Yak, mbaknya yg baju ijo, siapa namanya mbak?"
Mbak1: "Mia"
Saya: "Mia?, Oke sebelahnya Mia, siapa namanya?"
Mbak2: "Susi"
Saya: "Mia dan Susi, ini dia para upik abu yg mo njajal sepatu, siapa tau jadi cinderella ya mbak?, hmmm...tapi kayaknya kurang seru nih kalo cuma berdua, nambah satu lagi yah, itu mbaknya yg pake jilbab coklat, sini mbak (si mbak-berjilbab coklat-yg-sepertinya-teman-saya itu pun pasrah naek ke stage)
Saya: "Mbaknya, siapa namanya mbak?"
Mbak jilbab coklat: "Niken"

Horeee!!! ketauan deh namanya Niken
Hebat yah saya..hehehe ;p
Dan kali ini, when the show was finally over, saya pun bisa berpamitan dengan menyebut namanya

"Ken, balik duluan yah"

Fiuuh...kalo lagi jalan sendirian, lupa nama orang emang rada ngerepotin dan bikin ga enak hati. kadang saya suka bertanya-tanya sebegitu tidak pentingnya kah namanya untuk saya ingat? atau sepenting itu kah saya sampe orang selalu inget nama saya dubrak!!#$% *narsis mode on* ;p. Biasanya jurus andalan saya adalah minta name card, sayangnya ga smua orang punya name card, kan?. Kalo gini kejadiannya, saya minta aja no.hp-nya, tapi ga saya save di hp, alasan tak terbantahkan adalah phone book penuh he he, lalu saya lancarkan jurus konvensional, minta dia nulis no.hp-nya di kertas ato di blakang name card saya, biasanya sih selaen nulis no.hp-nya dia juga otomatis nulis namanya, gini nih, AGUNG 08122691037. Paling aman sih kalo saya lagi rame-rame ma temen, pas dia bilang "Hai, apa kabar?" saya jawab "Hai, baek, eh knalin ni temen gw, Ian". Pastinya pas knalan ma temen-temen kita dia nyebut nama, kan? problem solved . Atau kalo saya ga punya banyak waktu untuk melancarkan jurus-jurus tadi, begitu dia bilang "Hai, Dhis..pa kabar?" saya langsung kasi dia a very loooooong handshake, sebelum saya lepas saya pause beberapa detik sambil pasang ekspresi lupa-lupa inget mohon dikasihani (padahal lupa total he he) dan kalo sampe orangnya jatuh kasian beneran, biasanya dia bakal bilang "Hayooo, lupa yah? Gw Antok" (dengan nada menggoda kalo dia maklum, dengan nada be te pengen nyakar kalo dia orang yg temperamental, tergantung nasib ketemu sama yg mana).

Guys.., next time you come my way, please remember that I have a very bad short-term memory, specially with names [ eh short-term memory-nya kasuistik ding, kalo nginget cowok keren berkualitas dan sweet memories saya jagonya :) ]










No comments: